Senin, 18 Februari 2013

Upacara Pembinaan Persiapan Ujian Nasional 2013 Wawali : ‘Sambut Unas dengan Suka Cita dan Bergembira’.





Kota Mojokerto, Senin (4/2)

Upacara bendera dalam rangka pembinaan persiapan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2012/2013 dilaksanakan di SMK Akhmad Yani, Senin (4/2). Upacara dihadiri oleh Kepala Dinas P & Kota Mojokerto,  Pimpinan SKPD, Kepala Sekolah SMK Akhmad Yani, Kepala Sekolah SMA Negeri 1, Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah dan SMA Mayjen Sungkono, para dewan guru dan siswa.
Sebagaimana dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jadwal pelaksanaan Ujian Nasional Utama (UN Utama) SMA/MA tahun pelajaran 2012/2013 akan dilaksanakan pada 15 April s.d 18 April 2013. Sedangkan untuk SMALB dan SMK, UN Utama akan dilaksanakan pada tanggal 15 April s.d 17 April 2013.
Wakil Walikota Mojokerto, H. Mas’ud Yunus, yang bertindak selaku pembina upacara, dalam amanatnya menyampaikan bahwa Kota Mojokerto yang tidak memiliki sumber daya alam harus berorientasi pada peningkatan kualitas sumber daya manusianya (SDM). Untuk meningkatkan kualitas SDM yang mampu bersaing di era global, maka pendidikan harus menjadi perhatian seluruh jajaran pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Ujian nasional yang merupakan agenda tahunan di dunia pendidikan ini tidak perlu tidak perlu dihadapi dengan rasa ketakutan.  “ Ujian Nasional harus disambut dengan suka cinta dan bergembira, karena ujian nasional merupakan perjuangan terakhir di tingkat SMA untuk meraih cita – cita,” katanya. 
Menurut Wawali, ada empat hal yang harus dilaksanakan dalam menghadapi ujian nasional yaitu, Disiplin, Belajar, Berlatih dan Berdoa. Wawali menyampaikan bahwa disiplin adalah kunci keberhasilan, karena dengan disiplin akan memudahkan semua yang sulit dan dapat membuka pintu – pintu yang tertutup. “Sejarah  telah membuktikan bahwa bangsa – bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki disiplin tinggi,” ujarnya.
Untuk menghadapi ujian, wawali juga berpesan agar para siswa harus banyak – banyak belajar. Jika pada tahun 2012 ada 5 paket soal dalam setiap ruang ujian dengan 20 orang siswa, maka untuk tahun 2013 ini di setiap ruang ujian, akan ada 20 paket soal untuk 20 orang siswa. Untuk itu, para siswa harus sering – sering berlatih dengan lebih sering mengikuti kegiatan try out yang dilaksanakan oleh pemerintah kota maupun yang di adakan oleh setiap sekolah.
Tidak lupa, Wawali juga berpesan kepada para siswa untuk selalu berdoa,  memohon pertolongan dari Allah agar diberi kemudahan dalam mengerjakan soal – soal ujian nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar